Menu

Mode Gelap
 

Advetorial · 24 Jul 2024 13:05 WIB ·

DKPP Tanah Bumbu Adakan Bimtek untuk Pengawasan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan


 DKPP Tanah Bumbu Adakan Bimtek untuk Pengawasan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan Perbesar

Tanah Bumbu, SOROT NEWS KALSEL

– Dalam upaya meningkatkan keamanan pangan di Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Pengawasan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) Sanitasi Hygiene tahun 2024 pada Selasa (23/07/2024).

Kepala DKPP Tanah Bumbu, Hairuddin, melalui Sekretaris DKPP, Lamijan, menyampaikan dalam sambutannya bahwa penyediaan pangan yang cukup dengan jaminan keamanan, mutu, dan gizi adalah hal yang esensial dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

“Keamanan pangan memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi bebas dari bahaya fisik, kimia, dan biologis. Mutu pangan menjamin produk memenuhi standar kualitas yang diharapkan, sementara nilai gizi memastikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh,” jelas Lamijan.

Ia menambahkan, kolaborasi antara pemerintah, produsen, dan masyarakat sangat penting untuk mencapai tujuan ini. “Dengan semakin banyaknya produksi pangan segar asal tumbuhan yang beredar di pasaran, konsumen harus menjadi konsumen cerdas yang didukung oleh penjaminan keamanan pangan oleh pemerintah,” tegasnya.

Untuk menjamin pelaksanaan keamanan pangan dilakukan dengan baik, pemerintah melalui pengawasan pre-market dan post-market, serta pelaku usaha sebagai produsen harus memahami isu keamanan pangan ini. “Penting untuk memastikan bahwa setiap tahap pengolahan memenuhi standar kesehatan dan keamanan pangan. Hal ini tidak hanya penting untuk memenuhi regulasi, tetapi juga untuk menjaga kepercayaan konsumen dan reputasi produk,” ujarnya.

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pelaku usaha dalam menerapkan standar sanitasi dan higiene yang tepat dalam pengolahan pangan. Acara ini dihadiri oleh narasumber dari Loka POM di Kabupaten Tanah Bumbu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan beserta jajarannya, pelaku usaha di bidang pangan segar maupun olahan, dan pelaku usaha di bidang ritel.

Acara ini juga ditandai dengan penyerahan izin edar kepada pelaku usaha pangan segar dari DKPP, sebagai bukti komitmen pemerintah dalam memastikan keamanan pangan di Kabupaten Tanah Bumbu.(Hm/Team)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Pemerintah Tanah Bumbu Pelajari Keberhasilan UKS/M di SMPN 8 Cimahi

11 October 2024 - 06:31 WIB

Torehan Prestasi DLH Tanah Bumbu Raih Penghargaan Adi Niti 2024

12 September 2024 - 07:29 WIB

Kotabaru Siapkan 1.253 Formasi CPNS, Proses Pendaftaran Diperpanjang Hingga 10 September 2024

8 September 2024 - 01:57 WIB

Zairullah Azhar Tegaskan Tidak Ikut Pilgub Kalsel

29 August 2024 - 03:26 WIB

Kontes Kambing JO FARM Meriahkan HUT RI Ke-79 di Pantai JO Cemara Pulau Salak Berhadiah Ratusan Juta.

25 August 2024 - 23:06 WIB

Mantap!Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Terbaik di Kalimantan Selatan untuk Pembangunan Sanitasi dan Air Minum

18 August 2024 - 22:45 WIB

Trending di Pemerintahan