Menu

Mode Gelap
 

Tanah Bumbu · 14 Oct 2024 06:30 WIB ·

BPBD Tanah Bumbu Berikan Materi Kebencanaan kepada Pramuka dalam Diklatsar Survival Dasar


 Oplus_131072 Perbesar

Oplus_131072

SOROT NEWS KALIMANTAN

– Puluhan anggota Pramuka di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mendapatkan pelatihan penanggulangan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu, Sabtu (12/10/2024). Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Diklatsar Survival Dasar yang digelar oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tanbu.

Bertempat di Desa Salimuran, Kecamatan Kusan Hilir, kegiatan ini memberikan pengetahuan dasar tentang kesiapsiagaan bencana. Materi yang disampaikan mencakup upaya penanggulangan bencana hingga praktek pertolongan pascabencana, dengan narasumber Kepala Sub Pencegahan BPBD, M Ahsani Fauzan, dan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, Syamsul Anwar.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, H Sulhadi, yang diwakili oleh M Ahsani Fauzan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan para anggota Pramuka dalam menghadapi bencana. “Pramuka memiliki peran penting dalam penanggulangan bencana, baik saat terjadi maupun setelah bencana berlalu,” ujar Fauzan.

Ia menambahkan, setelah menerima pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu memahami teknis penyelamatan dan evakuasi yang benar. “Kita harus memastikan bahwa saat menolong orang lain, kita sendiri tidak menjadi korban bencana,” tegasnya.

Fauzan juga berharap agar Pramuka selalu bersinergi dan berperan aktif dalam penanganan bencana di Tanah Bumbu. “Kerja sama dan dukungan penuh dari anggota Pramuka sangat penting dalam menghadapi setiap situasi bencana,” pungkasnya.

Pelatihan ini diharapkan dapat membekali anggota Pramuka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berperan sebagai garda terdepan dalam penanggulangan bencana di wilayah mereka.

(Yuwan Lgn)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

KPU Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Pilkada 2024 dengan Nuansa Religi: Hadirkan Qori Syakir Daulay dan Habib Hasan

18 October 2024 - 12:52 WIB

Bupati Zairullah Azhar Apresiasi Event Jelajah Literasi, Dorong Generasi Muda Cerdas dan Berdaya Saing

17 October 2024 - 22:53 WIB

Dinas Sosial Tanbu Sosialisasikan Bantuan Sosial Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni

17 October 2024 - 22:08 WIB

DKUMP2 Tanah Bumbu Resmikan Fasilitas Tera Ulang Tangki Ukur Mobil BBM, Dorong Tertib Ukur Daerah

17 October 2024 - 02:51 WIB

Dirjen Bina Pembangunan Daerah: Stabilitas Harga Komoditas dan Koordinasi Jadi Fokus Rakor Pengendalian Inflasi 2024

16 October 2024 - 01:24 WIB

DPRD Tanah Bumbu Gelar Rapat Paripurna Bahas Perubahan Perangkat Daerah

14 October 2024 - 22:42 WIB

Trending di Tanah Bumbu