Menu

Mode Gelap
 

Tanah Bumbu · 17 Oct 2024 02:51 WIB ·

DKUMP2 Tanah Bumbu Resmikan Fasilitas Tera Ulang Tangki Ukur Mobil BBM, Dorong Tertib Ukur Daerah


 Oplus_131072 Perbesar

Oplus_131072

BATULICIN,SOROT NEWS Kalimantan

– Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu resmi meluncurkan fasilitas Tera Ulang Tangki Ukur Mobil (TUM) Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Rabu (16/10/2024). Acara yang digelar di Kantor DKUMP2 Gunung Tinggi, Batulicin ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dan ahli kemetrologian.

Turut hadir dalam peluncuran ini, Kepala DKUMP2 Tanah Bumbu, H. Hamaluddin Tahir, Kepala Bidang Perdagangan dan Kemetrologian, H. Ahmad Heriansyah, serta perwakilan dari Ditjen Metrologi Bandung, yaitu Penera Ahli Madya Herosobroto dan Pengawas Kemetrologian Ahli Madya Harry Santosa.

Hamaluddin Tahir menjelaskan, TUM sangat krusial dalam memastikan ukuran yang akurat sesuai standar kemetrologian. “Di Tanah Bumbu, terdapat lebih dari 200 unit mobil tangki, namun baru 100 unit yang sudah terdata lengkap di Unit Metrologi Legal,” ujarnya.

Menurutnya, fasilitas tera ulang ini memberikan kemudahan bagi para pemilik mobil tangki BBM, karena sebelumnya mereka harus melakukan tera ulang di Kotabaru atau Banjarbaru. Dengan hadirnya fasilitas ini, proses tera ulang dapat dilakukan di Tanah Bumbu, yang diharapkan akan mendorong daerah ini menjadi wilayah yang lebih tertib ukur.

“Target kami adalah menjadikan Tanah Bumbu sebagai daerah tertib ukur pada tahun 2026,” kata Hamaluddin. Ia menambahkan, keberadaan instalasi penera TUM di Tanah Bumbu akan semakin memperkuat perlindungan konsumen di sektor BBM, sekaligus meningkatkan kepercayaan publik terhadap standar pengukuran di daerah tersebut.

Peluncuran fasilitas ini didasari oleh Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 08/M-DAG/PER/2/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perdagangan, sebagai langkah strategis dalam memperluas ruang lingkup Unit Metrologi Legal di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dengan adanya fasilitas ini, Tanah Bumbu siap menjadi pionir dalam pelayanan kemetrologian di Kalimantan Selatan, khususnya dalam sektor energi dan bahan bakar.

(Yuwan Lgn)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

KPU Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Pilkada 2024 dengan Nuansa Religi: Hadirkan Qori Syakir Daulay dan Habib Hasan

18 October 2024 - 12:52 WIB

Bupati Zairullah Azhar Apresiasi Event Jelajah Literasi, Dorong Generasi Muda Cerdas dan Berdaya Saing

17 October 2024 - 22:53 WIB

Dinas Sosial Tanbu Sosialisasikan Bantuan Sosial Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni

17 October 2024 - 22:08 WIB

Dirjen Bina Pembangunan Daerah: Stabilitas Harga Komoditas dan Koordinasi Jadi Fokus Rakor Pengendalian Inflasi 2024

16 October 2024 - 01:24 WIB

DPRD Tanah Bumbu Gelar Rapat Paripurna Bahas Perubahan Perangkat Daerah

14 October 2024 - 22:42 WIB

BPBD Tanah Bumbu Berikan Materi Kebencanaan kepada Pramuka dalam Diklatsar Survival Dasar

14 October 2024 - 06:30 WIB

Trending di Tanah Bumbu